Selasa, 17 November 2015

Madura Sumenep

Assalamualaikum wr.wb
Madura, itulah nama tempatku berasal. Pulau kecil yang terletak di sebelah timur laut Pulau Jawa yang besarnya kira-kira 5.000 km persegi. Pulau Maduraku ini terdiri dari 4 kabupaten, yaitu Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Aku adalah anak Pamekasan tetapi aku lahir di Sumenep. Di pulau Madura ini memiliki banyak sekali kebudayaan dari budaya Kerapan Sapi hingga yang lebih menakutkan yaitu Carok.

Bagaimana dengan makanan? Kalau makanan di Pulau Madura yang terkenal adalah Sate dan Sotonya.  Tapi dengan adanya kemajuan zaman dan kemajuan peradaban, di Madura tidak hanya Sate dan Soto lagi yang terkenal melainkan Nasi Bebek yang perlahan-lahan mulai membius para wisatawan yang datang ke Madura. Uniknya, sekarang ini di setiap kabupaten di Madura memiliki makanan khas yang berbeda-beda, seperti Bangkalan dan Sampang yang terkenal dengan Nasi Bebeknya, Pamekasan dengan Sate Lalatnya, maksud Sate Lalat disini bukan Lalat yang dijadikan sate tetapi ukuran satenya keci-kecil seperti lalat, dan yang terakhir di Sumenep yang terkenal dengan Kaldunya. Hmmm.. udah pada ngiler ya??
Untuk ciri khas, Pulau Madura memiliki bahasa, sifat, dan pakaian. Mulai dari bahasa, Madura  memiliki ciri khas yaitu Bahasa Madura yang merupakan salah satu bahasa daerah di Indonesia. Yang kedua yaitu sifat, sifat orang Madura yang terkenal adalah kasar dan menjunjung tinggi harga diri. Tapi tidak semua orang Madura memiliki sifat seperti itu, sebenarnya sifat kasar ini adalah sifat yang spontan. Jika orang Madura  telah merasa diolok-olok ataupun dicari-cari kesalahannya maka tidak dapat dipungkiri sifat kasar itu akan muncul. Dan ciri khas yang terakhir adalah pakaian, pakain khas Madura adalah strip merah dan putih, pakaian Madura ini termasuk salah satu pakaian adat yang ada di Indonesia.
Sekian cerita singkat tentang daerahku, Madura. Terima kasih
Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar